Menyoal Penempatan Dana Di Bank (Separuh) BUMN

Menyoal Penempatan Dana Di Bank (Separuh) BUMN

Oleh: Defiyan Cori, Ekonomi Konstitusi

Apa permasalahan yang dianggap begitu mendesak (urgent) oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menaruh dana Negara di lembaga perbankan yang tidak lagi seutuhnya milik negara (100 persen)?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati resmi menempatkan dana sejumlah Rp 30 Triliun kepada 4 (empat) Bank Badan Usaha Milik Negara/BUMN (yang sahamnya sebagian sudah berada di tangan perorangan/lembaga swasta di Pasar Bursa) atau Himbara.

Adapun keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Pada Tahun 2011, menurut data dari Bank Indonesia dan laporan keuangan bank, kepemilikan Pemerintah pada Bank Mandiri tinggal 60 persen, BNI 60 persen, BRI 56,75 persen, dan BTN 71,9 persen

Disampaikan, bahwa tujuan penempatan dana adalah untuk menambah likuiditas bank tersebut dalam menjalankan penugasan pemerintah. Pertanyaannya adalah model seperti apa penugasan pemerintah sebagai alasan yang masuk akal (reasonable) agar dapat efektif, efisien dan tepat sasaran? Bukankah selama ini sudah ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berjalan sejak era Pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Publik tentu patut bertanya dan mencurigai kebijakan Sri Mulyani ini karena pengalamannya yang selalu menyuntikkan dana (bail out) berbagai bank dengan alasan krisis ekonomi dan keuangan.

Prioritas Restrukturisasi Kelembagaan

Bank-bank BUMN yang mendapat atau akan ditugaskan untuk memberikan dana sejumlah Rp 30 Triliun “dibungkus” melalui program restrukturisasi dan subsidi bunga bagi masyarakat yang paling terdampak pandemi Covid-19. Secara khusus, sasaran program ini terutama adalah sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menghadapi kesulitan keuangan supaya kegiatan perekonomiannya bisa kembali pulih. Benarkah demikian, kenapa masih menggunakan skema penyelamatan yang tak berubah sejak menjabat Menteri Keuangan?

Alasan lain yang dikemukakan oleh Sri Mulyani, yaitu adanya perubahan aktivitas ekonomi terutama pada bulan April, Mei 2020 lalu yang menunjukkan penurunan yang  tajam. Dengan dasar itulah, di Istana Negara pada Hari Rabu, tanggal 24 Juni 2020, Sri Mulyani menyampaikan langkah-langkah untuk memulihkan ekonomi yang disebut sangat penting. Adapun tujuan penempatan dana tersebut untuk mendorong ekonomi terutama melalui sektor riil agar kembali pulih. Untuk mendukung kebijakan tersebut, Pemerintah juga telah memberikan surat kepada Gubernur Bank Indonesia agar dana pemerintah yang ada di Bank Indonesia bisa dipindahkan ke bank umum tersebut. Pertanyaan mendasarnya adalah, apakah ini tidak melanggar ketentuan mengenai tugas pokok dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral dan the last lending resort yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia? Bukankan selama ini Bank Indonesia memiliki program sendiri dalam menangani UMKM diberbagai daerah atau kantor perwakilannya?

Maka, menjadi tidak relevan jika Sri Mulyani menyampaikan bahwa, BI tidak bisa langsung masuk ke sektor rill, sedangkan perbankan bisa.  Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM selama ini justru adalah dengan kemudahan prosedural dari bank-bank umum tersebut. Skala UMKM sangat sulit memperoleh akses dengan cepat dan segera atau mengakselerasi pemberian kredit dan berbagai upaya untuk pemulihan pemulihan usahanya. Selain itu, dengan liberalisasi sektor keuangan dan perbankan penegasan Sri Mulyani menjadi absurd soal dana yang ditempatkan pemerintah di bank tersebut tidak boleh digunakan untuk dua hal yakni membeli surat berharga negara (SBN) dan untuk transaksi atau pembelian valuta asing. Sebab lembaga perbankan saat ini sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan Umum lebih berorientasi mencari keuntungan atau laba sebesar-besarnya?

Apabila memang dana ini dikhususkan pemerintah untuk mendorong ekonomi sektor riil, khususnya UMKM, maka penyalurannya tidak harus melalui skema perbankan. Justru restrukturisasi lembaga perbankan umum saat ini harus menjadi prioritas dan kembali ke khittahnya sebagai lembaga perantara (intermediary institution) antara pihak yang kelebihan dana dan yang kekurangan dana. Penempatan dana pemerintah melalui mekanisme didepositokan dengan suku bunga sama seperti yang diperoleh pemerintah saat menempatkan dana di Bank Indonesia berpotensi moral hazard yang terbuka luas.

Terlebih lagi, aturan ini hanya digunakan untuk mendukung terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 70/2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sekali lagi, Presiden Joko Widodo harus memperhatikan dengan seksama dan bertindak hati-hati atas kebijakan yang tidak populer dengan alasan covid 19 ini. Seandainya akan berpihak kepada pengusaha sektor UMKM, maka lembaga-lembaga yang telah dibentuk oleh pemerintah melalui program pemberdayaan masyarakat (P2KP, PPK lalu menjadi PNPM) lebih tepat menjalankan skema ini dengan bantuan fasilitasi dan konsultasi (pendampingan) tenaga terdidik. Prioritas inilah yang semestinya dipilih apabila Presiden menginginkan terjadinya redistribusi dan mengatasi ketimpangan ekonomi secara sektoral dan regional.[•]

3 comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

3 Comments

  • FRADESY RIRITIA
    July 5, 2020, 11:10 am

    Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai terma dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka mampu dimiliki dan cepat dilunaskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, semuanya penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera sekiranya anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com mereka.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com
    Whatsapp Syarikat +1 (304) 997-4034
    E-mel saya: fradesyriritia12@gmail.com

    REPLY
  • Ny SISKA WIBOWO
    July 30, 2020, 12:11 am

    Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    REPLY
  • IBU SALMAH
    July 31, 2020, 3:13 pm

    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
    MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

    assalamualaikum wr, wb, saya IBU SALMAH saya Mengucapkan banyak2
    Terima kasih kepada: AKI SOLEH
    atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
    alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
    dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2 saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
    sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2
    Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya.!!
    SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH Di No:082~313~336~747

    Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini.!!
    1: Di kejar2 tagihan hutang
    2: Selaluh kalah dalam bermain togel
    3: Barang berharga sudah
    terjual buat judi togel
    4: Sudah kemana2 tapi tidak
    menghasilkan, solusi yang tepat.!!
    5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual belum dapat juga,
    satu jalan menyelesaikan masalah anda.!!
    Dijamin anda akan berhasil
    silahkan buktikan sendiri
    Atau Chat/Tlpn di WhatsApp Aki: 082~313~336~747

    Angka:Ghaib: Singapura

    Angka:Ghaib: Hongkong

    Angka:Ghaib: Toto Malaysia

    Angka:Ghaib: Laos

    Angka:Ghaib: Macau

    Angka:Ghaib: Sidney

    Angka:Ghaib: Brunei

    Angka:Ghaib: Thailand

    <a href="https://mastertogel4d-6d.blogspot.com/">"KLIK DISINI ANGKA RITUAL TOGEL SGP HK SDY DAN DLL"</a>

    REPLY