UTANG PEMERINTAH DAN UTANG BUMN MENCAPAI RP. 10.600 TRILIUN

UTANG PEMERINTAH DAN UTANG BUMN MENCAPAI RP. 10.600 TRILIUN

“Hati hati Paduka! ada yang mau cuci tangan. Jangan sampai diminum air kotor itu”

Oleh : Salamuddin Daeng

Mengapa utang pemerintah dan BUMN harus dihitung sebagai satu kesatuan ? Karena memang demikian adanya, keduanya sudah berkumpul menjadi beban negara yang bercampur dalam satu tempat, seperti air dalam mangkuk tempat cuci tangan.

Bagaimana bisa terjadi demikian?

1.Karena pemerintah mengambil utang dari BUMN, baik BUMN bank maupun BUMN non bank dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN).

2.BUMN non bank mengambil utang dari bank bank BUMN dan BUMN keuangan non bank yakni BUMN asuransi.

3.BUMN bank mengambil utang dari BUMN keuangan non bank yakni asuransi dan dana pensiun.

Utang ini kesemuanya sudah saling bercampur seperti air kotor tempat cuci tangan rame rame, dan sekarang utang pemerintah dan BUMN sudah mencapai Rp. 10.600 triliun lebih.

Jika pemerintah gagal bayar utang, maka semuanya akan berantakan.

Jika BUMN bank maupun non bank gagal bayar utang maka asuransi, pensiun, berantakan.

Jika asuransi dan dana pensiun gagal bayar, tau sendiri akibatnya apa.

Mari kita lihat mengapa harus waspada dengan besarnya utang pemerintah dan BUMN sekarang ini?

Berdasarkan data Bank Indonesia, Utang luar negeri Indonesia atau utang luar negeri pemerintah dan swasta Indonesia sampai dengan kwartal III tahun 2019 mencapai USD 395,63 miliar USD atau senilai Rp. 5.538,88 triliun .  Utang luar negeri tersebut meningkat sebesar USD 36.64 miliar, atau meningkat senilai Rp. 513.03 triliun  dibandingkan kwartal III tahun 2018 lalu.

UTANG PEMERINTAH

Utang luar negeri pemerintahan Joko Widodo sampai dengan kawartal III tahun 2019 adalah senilai USD 197.14 miliar USD atau senilai Rp. 2.759,92 triliun, meningkat sebesar USD 17,97 miliar USD atau senilai Rp. 251,59 triliun dibandingkan kwartal  III tahun 2018 lalu.

Selanjutnya utang pemerintah yang bersumber dari Surat Utang Negara Government Debt Securities sampai dengan bulan Januari Tahun 2020 mecapai   Rp. 2.316,25 triliun, atau meningkat senilai Rp. 265,43 triliun selama setahun terakhir (januari 2019 sampai dengan Januari 2020).

Utang pemerintah sampai dengan januari 2020 sedkitnya Rp. 5,076.17 triliun. Nilai tersebut diperoleh dari utang luar negeri pemerintah ditambah dengan surat utang negara atau utang dalam negeri pemerintah.

UTANG BUMN

Selanjutnya utang luar negeri BUMN yang terdiri dari utang luar negeri BUMN perbankan  sampai dengan kwartal III tahun 2019 meningkat senilai USD 50,76 miliar atau senilai Rp. 710,67 triliun.

Utang luar negeri BUMN perbankan meningkat dalam periode tersebut (kwartal III 2018 sampai dengan kwartal III 2019) di atas senilai USD 1.19 miliar sehingga sampai kwartal III tahun 2019 utang BUMN bank senilai USD 7.01 miliar.

Sedangkan utang BUMN non bank meningkat senilai USD 13,46 miliar pada periode yang sama, sehingga sampai kwartal III tahun 2019 utang luar negeri BUMN non bank menjadi USD 43,75 miliar USD atau senilai Rp. 612,52 triliun.

Selain utang luar negeri, BUMN  juga memiliki utang kepada bank dalam negeri dalam jumlah yang lebih besar.

Berdasarkan laporan Kementerian BUMN, total utang BUMN sampai dengan akhir tahun 2018 total utang BUMN mencapai Rp. 5.604,39 triliun.

Empat bank BUMN memiliki utang paling besar yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk senilai Rp. 698,19 , Bank Mandiri (Persero) Tbk senilai  Rp. 1.017,29 , PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Rp. 1.111,62 dan bank Tabungan Negara (persero) tbk  Rp. 282,59.

Total utang BUMN perbankan mencapai Rp. 3.109,71.

Selanjutnya utang BUMN non bank sampai dengan akhir tahun 2018 mencapai Rp.2.411,51 triliun.

BUMN non bank dengan utang terbesar diantaranya berdasarkan  urutan teratas adalah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yakni mencapai Rp. 565,07 triliun,

diikuti  PT. Pertamina mencapai Rp. 508,40 triliun, PT Taspen (Persero) Rp. 222,15 triliun,

PT Waskita Karya (Persero) Tbk Rp. 95,50,

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Rp. 89,69 triliun,

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Rp. 88,89 triliun,

PT Pupuk Indonesia (Persero), Rp. 72,88 triliun,

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Rp. 68,09 triliun,

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Rp. 62,22 triliun,

PT Hutama Karya (Persero) 53,92 triliun,

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Rp. 50,13 triliun. Dan seterusnya.

NASIB PEMERINTAH DAN BUMN

Tahun tahun mendatang adalah tahun yang berat bagi pemerintah dan BUMN, dikarenakan dua factor eksternal dan factor internal. Dari eksternal Indonesia akan terdampak oleh kondisi internasional yang makin buruk, yang dumulai dengan perang mata uang (currency war), selanjutnya perang dagang (trade war) dan sekarang seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia akan mengalami pelemahan ekonomi akibat wabah corona virus.

Sementara dari internal adalah kondisi daya beli masyarakat yang cenderung menurun selama lima tahun terakhir akan melipatkandakan eskalasi resesi dan krisis ekonomi.

Akibat pelemahan ekonomi di semua lini, maka secara otomatis revenue BUMN akan semakin menurun, dengan demikian keuntungan juga akan cenderung menurun. Demikian juga penerimaan Negara dari pajak dan non pajak yang menurun baik dari pajak ekspor, pajak impor, pajak dalam negeri, cukai, dan lain sebagainya  akan menurun.

Sementara kewajiban Negara dan kewajiban BUMN tidak mengenal kompromi, harus bayar! Atau asset asset Negara dan asset BUMN disita oleh pemberi utang. Oleh karena itu Paduka harus hati hati, ada yang mau cuci tangan, jangan sampai diminum air kotor itu. [•]

6 comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

6 Comments

  • ARIF HIDAYAT
    February 13, 2020, 12:36 am

    Data pribadi
    negara Indonesia
    Nama: Arif Hidayat
    Alamat: Jl.ds.lamangkona tawaeli
    Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp30 juta dari AVANT Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. AVANT Loan telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Deborah bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya menyerahkan tambahan Rp250 juta setelah melalui proses hukum saya. pinjaman disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam di rekening bank BCA saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Bu Deborah dan tim manajemen pinjaman terbatas Avant telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA dan INDONESIA, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Avant Loans Limited hari ini dan selalu
    e_mail: [avantloanson@gmail.com]

    WhatsApp: +6281334785906

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    REPLY
  • ASEP DARJAT
    February 13, 2020, 12:39 am

    Nama saya Asep Darjat. Mesej ini disampaikan kepada semua warga Indonesia. Biarkanlah pinjaman dari induk kami.
    Saya benar-benar akan berterima kasih kepada Allah kerana kebaikan yang anda lakukan dengan membantu saya dan hari ini saya mendapat pinjaman sebanyak RM75,000.00 untuk menyelesaikan masalah saya.
    Saya terima telefon saya pada pagi ini amaran dari bank saya CIMB yang mengesahkan bahawa saya memperoleh pinjaman dalam akaun saya dengan jayanya.
    Saya mengucapkan terima kasih kepada wanita Puan Deborah kerana saya berpegang kepada kepercayaan saya dan dengan rahmat Allah, saya telah berjaya mendapatkan pinjaman saya.
    Terima kasih banyak – banyak.
    Saya juga akan memaklumkan kepada kawan-kawan dan orang tersayang yang memerlukan pinjaman. Terima kasih banyak Deborah, saya berdoa agar Allah menyertai kamu.
    Hubungi Ibu Deborah melalui
    e-mel: avantloanson@gmail.com
    WhatsApp: +6281334785906

    REPLY
  • RYAN CEANIC LOAN FIRM
    February 25, 2020, 3:40 am

    Halo, saya Ryan Ceanic, pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang dalam kesulitan keuangan yang telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? tidak perlu mencari lagi karena kami di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tingkat bunga 1%. kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima. Untuk aplikasi dan informasi lebih lanjut, kirim balasan ke yang berikut ini
    Alamat email: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    REPLY
  • teddyliza
    March 12, 2020, 8:56 am

    Nama:Teddy Liza
    status perkawinan: janda
    jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
    tempat tinggal saya:. Palangkaraya
    email ku:::teddyliza2020@gmail.com
    kesaksian yang memotivasi saya whatsapp :;l+ 6281617538564
    tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

    Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [baˈha.sa in.doˈne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

    Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
    E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+ 447723553516

    REPLY
  • KEMALA JAYACHANDRA
    April 3, 2020, 6:11 am

    Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    REPLY