DIGANTINYA DIREKTUR LSCI PERTAMINA: “Apakah riwayat pengadaan kapal bagi Pertamina akan tamat?”

DIGANTINYA DIREKTUR LSCI PERTAMINA: “Apakah riwayat pengadaan kapal bagi Pertamina akan tamat?”

(Bagian kedua)

Oleh: Salamuddin Daeng

Direktur LSCI Pertamina resmi dicopot langsung oleh Mentri BUMN. Konon pemberhentiannya berkaitan dengan ambisi LSCI untuk pengadaan kapal bagi Pertamina. Rencana ini kabarnya kurang disenangi oleh para pebisnis jasa perkapalan dalam negeri. Sebagaimana diketahui Pertamina selama ini sangat bergantung pada kapal kapal angkut milik swasta.

Direktur LSCI (logistik supply chain dan infrastruktur) merupakan direktur yang membidangi bidang penyediaan infrastrukrur dalam mendukung distribusi minyak pertamina. LSCI berencana menganggarkan pembelian kapal senilai USD 1 miliar dalam menopang kegiatan distribusi BBM dalam negeri.

Selama ini distribusi BBM sangat begantung pada kapal kapal swasta. Pertamina hanya memiliki 67 kapal, atau hanya 25 persen dari kebutuhan dan menyewa 200 kapal swasta. Kondisi ini tentu saja membahayakan bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak. Dapat dibayangkan jikalau swasta ini melancarkan pemogokan, maka kacaulah distribusi bbm dalam negeri dan selanjutnya kacaulah ekonomi.

Namun upaya LSCI dalam melakukan pengadaan kapal menjadi perusahaan jasa perkapalan. Mereka bisa kehilangan sumber uang yang paling menguntungkan yakni mendistribusikan BBM pertamina. Sebagaimana diketahui bahwa tahun lalu LSCI bermaksud melakukan pengadaan kapal sebanyak kapal sebanyak 4 kapal baru yang yang saat ini tengah dalam proses memperkuat distribusi BBM (White Oil) domestic.

Keberanian untuk pengadaan kapal pertamina ini rupanya menyesakkan dada banyak pihak. Mereka tidak ingin pertamina mandiri dalam hal distribusi. Mereka tetap mau pertamina menyewa kepada mereka. Apakah pencopotan Direktur LSCI adalah pukulan dan sekaligus shock therapy bahwa Pertamina jangan coba coba beli kapal. Kalau bisa kapal yang ada dijual saja pada swasta. Pasti diborong.[•]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply