BUMI Resources Siap Dukung Pemerintah Pindah Ibukota

BUMI Resources Siap Dukung Pemerintah Pindah Ibukota

Jakarta, linkpublik.com

Rencana pemindahan Ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara) disambut baik PT Bumi Resources Tbk [BUMI]. Menurutnya peluang proyek yang bisa digarap oleh Bakrie Group ini akan besar meski akan berebut dengan investor atau perusahaan lainnya.

Direktur BUMI, Andrew C. Beckham, mengatakan bahwa kini perusahaan-perusahaan besar mulai menaruh perhatian pada calon ibukota baru tersebut. Pasalnya kebutuhan infrastruktur dasar sebagai prasyarat kesiapaan menjadi Ibukota menjadi ladang bisnis baru. Bagi BUMI, dimungkinkan akan mengambil sektor energi berupa suplai listrik apabila diperlukan di dua wilayah tersebut.

“Kita belum tahu ya, paling enggak kita bisa suplai listrik lah ya menurut saya,” kata Andrew dalam konferensi pers di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (28/8).

Selain itu, pihaknya juga siap memenuhi kontrak-kontrak baru yang bakal diberikan pemerintah di Ibukota baru tersebut apabila dipercaya. Khususnya terkait dengan suplai batubara untuk menggerakkan sektor industri di kawasan tersebut.

Secara rinci Andrew belum dapat membeberkan rencana fix ke depan terkait pemindahan Ibukota tersebut. Masih diperlukan kajian dan perencanaan yang matang untuk menggaet bisnis potensial di Kalimantan Timur. Diakui secara sumberdaya alam di sana sangat melimpah. Namun perlu penajaman opsi-opsi bisnis mana yang bisa dimasuki oleh BUMI.

“Kita bisa suplai sebanyak mungkin batubara sesuai kebutuhan pemerintah di sana sebab kita punya cadangan 7 miliar ton batubara. Jika pemerintah memberikan kontrak ke kita, nggak masalah kita siap, kita siap suplai listrik dan batubara,” pungkasnya. (DIN)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply