BI Yakin Inflasi Hingga Akhir Tahun Tak Sampai 3,5 Persen

BI Yakin Inflasi Hingga Akhir Tahun Tak Sampai 3,5 Persen

Jakarta, linkpublik.com

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, meyakini inflasi hingga tutup tahun 2018 akan terjaga pada level seperti yang ditargetkan. Pemerintah menargetkan inflasi tahunan sebesar 3,5 persen plus minus 1 persen. Perry optimis angka inflasi tidak akan melebihi dari target maksimal tersebut.

Optimisme tersebut mengacu pada hasil survey sementara yang dilakukan Bank Indonesia (Survei Pemantauan Harga / SPH) hingga minggu kedua bulan November 2018. Dari hasil SPH didapati bahwa tingkat inflasi sebesar 0,17 persen secara month to month (mtm). Apabila dilihat secara tahunan (year on year/yoy) inflasi sebesar 3,13 persen dan secara year to date (ytd) sebesar 2,4 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis awal November 2018 kemarin, inflasi bulan Oktober 2018 sebesar 0,28 persen. Sementara yoy tercatat sebesar 3,16 persen dan ytd sebesar 2,22 persen. Perry mengungkapkan, sejauh ini semua harga barang cukup terkendali di lapangan baik administered prices maupun inflasi inti.

“Dari survei pemantauan harga dari minggu kedua untuk bulan November ini inflasi month to month nya 0,17 persen, ini cukup terkendali sehingga konfirmasi perkiraan kami akhir tahun akan berada di sekitar 3,2 persen inflasi IHK,” ujar Perry di Jakarta, Jumat (16/11).

Ke depan, lanjut dia, Bank Sentral bersama Pemerintah akan terus meningkatkan koordinasinya untuk tetap menjaga inflasi pada level yang rendah. Selama ini, Pemerintah dan BI berkoordinasi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“Ini merupakan capaian Pemerintah dan BI bersama-sama bagaimana keseimbangan antara permintaan itu,” tutup Perry. (DIN)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply