Pengamat Ekonomi Minta Partai Oposisi Untuk Tidak “Berisik” Soal Pelemahan Rupiah

Pengamat Ekonomi Minta Partai Oposisi Untuk Tidak “Berisik” Soal Pelemahan Rupiah

Jakarta, linkpublik.com

Institute For Development of Economics and Finance (Indef) menilai cara menggaet simpati dari partai – partai oposisi capres Jokowi – Ma’ruf Amin dengan menggunakan isu pelemahan rupiah dianggap tidak pas. Sebab perkara depresiasi rupiah bukan semata-mata karena masalah kepempinan ansich dari pemerintahan sekarang.

Ekonom Institute Indef, Bhima Yudhistira Adhinegara, menyatakan klaim partai oposisi yang cenderung menyalahkan dan mengkritik pemerintah akibat rupiah terus melemah dianggap tidak etis. Bhima berharap partai oposisi benar-benar bisa memberikan solusi konkrit untuk mengatasi gejolak rupiah ini. Menurutnya tidak cukup hanya dengan mengkritik dan menyalahkan pemerintah saja.

“Oposisi jangan menari di atas masalah rupiah. Carilah solusi apa? Kita seharusnya calm down. Kalau oposisi terus mengibaskan bara api, apa enak kalau oposisi menang 2019 nanti akan ikut menderita rupiah Rp 15.000?,” kata Bhima di Jakarta, Ahad (9/9).

Bhima mengingatkan agar para kontra pendukung Jokowi untuk menyudahi polemik soal rupiah. Sebab hal itu apabila terus dilakukan justru akan memperburuk keadaan. Meski begitu, Bhima juga menilai banyak dari bagian pemerintahan dan bahkan pendukungnya juga ikut komentar soal rupiah dengan bahasa dan angapan menurut versi mereka sendiri.

Padahal, lanjut Bhima, banyak diantara mereka yang tidak menguasai persoalan rupiah. Hal ini juga tak kalah bernahaya dibandingkan komentar sinis dari lawan politiknya. Menurutnya, cukup Bank Indonesia dan Menteri Perekonomian yang paham soal kondisi ekonomi yang wajib menjelaskan secara detail. Untuk Menteri dan Pejabat pemerintah yang tidak menguasai dia minta untuk menahan diri saja.

“Yang tidak paham ekonomi, disusupi kepentingan politik tidak usah terlalu berisik untuk mempengaruhi masyarakat di media sosial,” kata Bhima. (DIN)

1 comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

1 Comment

  • Rojak
    September 10, 2018, 1:41 am

    Tugas pemerintah lah, turunin dolar. mosok oposisi disuruh cari solusi. Dasar otak cebong

    REPLY