Pelayanan Mengecewakan, PDAM Tirta Bhagasasi Dikeluhkan Warga Tarumajaya

Pelayanan Mengecewakan, PDAM Tirta Bhagasasi Dikeluhkan Warga Tarumajaya

Tarumajaya-Bekasi, LinkPublik.com

Warga di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi mengeluhkan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi yang dianggap tidak bisa memenuhi ekspektasi masyarakat. Selain kualitas air yang buruk, aliran air ke sejumlah wilayah sering mati tanpa penjelasan terlebih dahulu kepada pelanggan.

Seperti ditemui di kawasan perumahan Segara City Tarumajaya Bekasi. Komplek perumahan elit yang dibangun oleh pengembang Damai Putra Group ini disebut-sebut oleh warganya sejak awal selalu bermasalah dengan urusan air bersih. Selain debit aliran yang kecil dan sering mati, kualitas air yang keruh dan berbau karat juga dikeluhkan oleh warga.

“Air PDAM ga jelas. ngalir mati ngalir mati skali nya ngalir tekanan kecil dan kuning kotor bau. Saya punya anak kecil kembar usia 9 bulan. Sudah 3 hari ini mandi pakai air isi ulang galon yang bersih untuk menghindari penyakit,” ujar Wahyudi, karyawan swasta yang baru dua bulan tinggal di perumahan Segara City kepada wartawan, Senin (30/7).

Senada dengan Wahyudi, kualitas layanan PDAM yang buruk juga dialami oleh Santo, warga Cluster Descada Perumahan Segara City yang sudah sejak 2017 tinggal di sana. Menurutnya, akibat dari buruknya kualitas air dan debit aliran yang kecil, dirinya sering terpaksa harus merogoh kocek dalam untuk membeli air minum isi ulang, walau hanya untuk kebutuhan MCK saja.

“Air sering mati,  khususnya pada siang hari. Terkadang kalaupun keluar, airnya kecil. Beberapa kali air yang keluar berwarna hitam dan berbau  dan kotor.  Kerugian yang ditimbulkan, aktivitas terganggu karena tidak ada air untuk MCK,” ujar Santo kepada wartawan.

“Air kotor yang diterima tetap harus dibayar karena meteran jalan, sementara air tidak dapat digunakan,” imbuh Santo.

krn

Sementara itu, Sigit Nugroho, Ketua Forum Komunikasi Warga Descada Perumahan Segara City membenarkan peristiwa atau keluhan yang disampaikan oleh warga masalah air PDAM Tirta Bhagasasi tersebut. Menurut dia, sebagai pimpinan komunitas warga, dirinya sudah sering menyampaikan keluhan yang dialami warga tersebut, baik ke pihak pengembang maupun langsung ke PDAM Tirta Bhagasasi. Menurutnya, pangkal masalah memang di pihak PDAM yang mengaku tengah melakukan perbaikan.

“Ketika saya lapor ke PDAM, petugas jaga memberikan alasan bahwa mereka sedang melakukan evaluasi terhadap masalah air. Menurut petugas jaga, ada sebagian wilayah yang sudah berbulan-bulan tidak kebagian air bersih, sedang dicarikan masalahnya. Namun ketika saya tanya, sampai kapan evaluasi berlangsung, petugas itu tidak mau menyebutkan,” kata Sigit.

Di lain pihak, petugas Mechanical Electrical (ME) perumahan Segara City, Nanang saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kondisi air PDAM banyak dikeluhkan oleh warga. Pihaknya mengaku sudah sering berkoordinasi dengan pihak PDAM Tirta Bhagasasi dan menyampaikan keluhan warga, namun hingga saat ini kondisi tidak mengenakkan itu masih saja sering terjadi. Dia pun menyayangkan tidak adanya sosialisasi oleh PDAM kepada pelanggan ketika akan melakukan perbaikan transmisi yang mengganggu aliran air bersih ke warga atau pelanggan.

“Ketika ada perbaikan, kadang kami yang harus proaktif memberikan informasi terkait kepada konsumen (warga). Sudah beberapa kali kami minta untuk sosialisasi kepada warga bila ada perbaikan apapun yang dilakukan sehingga warga dapat mengantisipasi nya,” kata Nanang.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, kami belum berhasil mengkonfirmasi kepada pihak PDAM Tirta Bhagasasi terkait kondisi yang dikeluhkan oleh pelanggan tersebut dan kondisi aliran air di perumahan Segara City masih bermasalah serta tidak normal. (SNU)

2 comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

2 Comments

  • Rischa
    July 31, 2018, 4:22 am

    Iya saya jg sempat berkunjung ke perumahannya dan air PDAMnya memang jelek meski kami sudah pasang filter air. Saya berharap pihak PDAM bisa menanggapi keluhan warga karna air bersih sangat penting.

    REPLY
  • Doli Manurung
    September 3, 2019, 6:45 am

    Sangat Setuju, Saya sendiri yg tinggal di perumahan Harapan Mulya sangat kecewa terhadap buruknya kualitas air PDAM tsb, ditambah dengan kecil nya debit air yg keluar, sekalinya datang teknisinya menawarkan pergantian meteran air plus pipa dengan biaya yg mencapai ratusan ribu rupiah, namun hasilnya tetap saja tidak ada yg berubah (air tetap kotor, kuning dan berbau) debit air tetap saja kecil. Tolong diperhatikan utk masalah ini oleh pihak2 yg terkait.

    REPLY