Inflasi Juni Berpotensi Tinggi, Ini Saran BPS

Inflasi Juni Berpotensi Tinggi, Ini Saran BPS

Jakarta, LinkPublik.com

Badan Pusat Statistik (BPS) mewanti-wanti kepada pemerintah untuk betul-betul menjaga harga komoditas pangan, khususnya menjelang Lebaran hingga akhir Juni mendatang. Pasalnya dari kelompok bahan pangan seperti ayam ras, telur ayam ras, hingga daging masih menjadi momok terhadap inflasi, khususnya karena di bulan Juni 2018 ini bertepatan dengan momen Lebaran.

“Daging cukup terkendali, mudah-mudahan di sisa menjelang lebaran, mudah-mudahan juga masih terkendali. Apalagi ini masih ada pembatasan (harga), kalau gak salah Rp80 ribu/kg. Mudah-mudahan terkendali,” ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi Dan Jasa BPS, Yunita Rusanti di Jakarta, Senin (4/6).

Yunita sendiri optimistis bahwa tingkat inflasi Juni mendatang relatif terjaga lantaran masih tertolong oleh penurunan harga beras, cabai rawit dan bawang putih akibat belum lamanya masa panen raya. Meski demikian, pengeluaran dari kelompok administer price seperti pengeluaran untuk transportasi patut diwaspadai oleh pemerintah.

Dia pun menyoroti keinginan pihak maskapai penerbangan yang menginginkan adanya peninjauan terhadap ketetapan tarif batas bawah penerbangan sebagai imbas dari kenaikan harga avtur dan depresiasi mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“Transportasi ini angkutan udara, angkutan antar kota, kereta. Itu sebenarnya pola-pola lebaran lah. Harga avtur betul memang naik, tapi mudah-mudahan bisa dikendalikan ya. Hanya memang kalau pola atau trend kalau puasa atau lebaran, harga tiket pesawat atau kereta memang naik,” pungkasnya. (SNU)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply