Tujuh Proyeknya Terlibat Kecelakaan Konstruksi, Dirut Waskita Bakal Dicopot?

Tujuh Proyeknya Terlibat Kecelakaan Konstruksi, Dirut Waskita Bakal Dicopot?

Jakarta, LinkPublik.com 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno memastikan bakal memberikan sanksi tegas kepada Perusahaan BUMN Karya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk berupa pencopotan jajaran Direksi sebagai imbas dari tujuh kecelakaan konstruksi yang melibatkan perusahaan pelat merah yang dipimpin oleh M Choliq tersebut.

Kepada wartawan Rini mengatakan, akan melakukan evaluasi serius terhadap penanggung jawab dari proyek-proyek yang bermasalah itu. Peristiwa kecelakaan konstruksi, terlebih yang menyebabkan korban jiwa sangat menciderai semangat dari pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.

“Pasti kami akan lakukan evaluasi terhadap direksi Wasmita Karya,” tutur Rini di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, pihaknya melalui Komite Keamanan Konstruksi (KKK) terus melakukan investigasi terhadap kecelakaan-kecelakaan konstruksi yang terjadi akhir-akhir ini.

Kemudian setelah hasil investigasi diperoleh, dirinya akan memberikan rekomendasi kepada Kementerian terkait seperti Kementerian BUMN jika ini menyangkut proyek investasi BUMN, ataupun Kementerian Perhubungan jika terkait proyek investasi di lingkup Perhubungan untuk kemudian menyerahkan kepada Menteri terkait untuk memberikan sanksi tegas kepada pihak pelaksana.

“Kami bertiga satu kesatuan, kami memberikan rekomendasi ke Bu Menteri BUMN yang memberikan sanksi dari para penanggung jawab proyek, baik itu Kepala Proyeknya, gimananya, pengawasnya nanti oleh Meneri BUMN. pasti ada sanksi,” ujar Basuki.

Berikut tujuh kasus kecelakaan konstruksi pada proyek yang digarap Waskita:

  1. LRT Palembang
  2. Tol Bocimi
  3. Tol Paspro
  4. Tol Jakarta-Cikampek
  5. Tol Pemalang-Batang
  6. Underpass Perimeter Bandara Soetta
  7. Tol Becakayu. (SNU)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply