Gaikindo Inginkan PPnBM Diturunkan

Gaikindo Inginkan PPnBM Diturunkan

Jakarta, linkpublik.com

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, meski penjualan kendaraan roda empat untuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV)  mengungguli penjualan mobil untuk segmen sedan, namun minat konsumen untuk membeli mobil jenis tersebut masih tetap tinggi.

Ketua 1 Bidang Pengembangan Pasar Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto mengatakan, penjualan mobil sedan di dalam negeri diprediksi akan mengalami pertumbuhan lebih tinggi jika saja pemerintah dalam hal ini Kementrian Keuangan mengabulkan untuk merevisi menurunkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang diusukan melalui Kementrian Perindustrian.

Pasalnya, mobil sedan yang digolongkan sebagai barang mewah dikenai pajak lumayan tinggi yang akhirnya berdampak pada penjualan salah satu produk roda empat tersebut.

“Iya mobil sedan kecil dengan kapasitas dibawah 1500 cc, dikenai 30% PpnBM,” tutur Jongkie ketika dihubungi, Selasa (20/2/2018).

Menurut Jongkie, jika pajak kendaraan untuk jenis sedan dapat diturunkan, maka dipastikan konsumen banyak yang sanggup membeli sehingga pasar tidak selalu diungguli oleh segmen MPV.

“Harapan kita, harga KBM sedan akan turun dan banyak yg sanggup membeli, sehingga pasar nya akan berkembang,” tegas Jongkie.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah masih mengkaji usulan Kementrian Perindustrian untuk menurunkan PPnBM. Menurut Sri Mulyani, pembahasan pajak mobil sedan sudah sampai pada kajian oleh tim tarif di Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Nantinya, tim tarif akan menimbang serta memperhitungkan bagaimana perubahan komponen pajak mobil sedan akan diberlakukan.(AY).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply