Kemenhub Klaim, 175 Km Jalur Kereta Api Terbangun di 2017

Kemenhub Klaim, 175 Km Jalur Kereta Api Terbangun di 2017

Jakarta, LinkPublik.com 

Kementerian Perhubungan mengklaim, sepanjang 2017 ini telah berhasil mebangun 175 kilometer jalur baru Kereta Api (KA) serta mereaktivasi beberapa jalur kereta api yang mati dan membangun beberapa stasiun baru, termasuk revitalisasi stasiun lama.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan, total pembangunan jalur KA baru ini jika diakumulasikan dengan pembangunan yang dilakukan sejak 2016 lalu maka sudah terbangun sepanjang 388 kilometer rel baru.

“Pembangunan 175 km itu, difokuskan kepada penyelesaian jalur KA trans Sumatera dan beberapa jalur parsial di Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Selain itu juga membagun di pulau Jawa terkait perpanjangan jalur kereta elektrifikasi KRL Jabodetabek,” ujar Zulkifli di Jakarta, Kamis (14/12).

Selain pembangunan rel baru, sepanjang 2017 pihak Kemenhub juga telah berhasil melakukan reaktivasi 7,3 km jalur KA yang telah mati. Kemudian untuk pembangu8nan stasiun baru, kata dia, contohnya yaitu stasiun Bekasi Timur yang saat ini digunakan untuk perpanjangan operasi KRL Commuterline. Sementara untuk revitalisasi stasiun, salah satu yang dikerjakan pada 2017 ini yaitu Stasiun Cikarang dan Stasiun Manggarai.

Perpanjangan  jalur KRL sendiri dilakukan tak hanya ke Cikarang saja, melainkan juga hingga ke Rangkas Bitung. Penambahan operasi KRL itu terbukti langsung meningkatkan jumlah penumpang KRL yang sampai saat ini sudah mencapai 1 juta orang per hari. “Padahal kita targetnya itu 1,2 juta penumpang per hari itu di 2019,”  pungkasnya.

Sementara itu, untuk 2018 mendatang, Kementerian Perhubungan mengaku masih fokus pada percepatan pembangunan jalur kereta Makassar-Pare pare yang memiliki panjang 44 km dan penyelesaian double-double track untuk KRL. Segala macam upaya ini dilakukan untuk mengejar target pembangunan jalur KA di 2018 mencapai total 600 km. (SNU)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply